Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JURNAL PILAR TEKNOLOGI : Jurnal Ilmiah Ilmu Ilmu Teknik?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PETUNJUK UNTUK PENULIS

 

PETUNJUK UMUM

1. Penulis harus membuat akun terlebih dahulu di Daftar bagi penulis yang baru pertama kali mengajukan muat artikel di jurnal PILAR TEKNOLOGI.

2. Artikel diupload di kolom yang sudah tersedia melalui akun OJS Universitas Merdeka Madiun yang sudah dibuat penulis. Status artikel yang telah didaftarkan termasuk hasil review akan terlihat di akun tersebut serta upload revisi artikel yang telah direview. Penulis dapat mengecek secara berkala.

3. Artikel yang diajukan, penulisannya harus sesuai dengan Pedoman Penulisan Artikel yang ada di Petunjuk untuk Penulis atau dapat menggunakan Template yang telah disediakan.

4. Penulis harus melampirkan surat pernyataan bahwa artikel tersebut belum pernah diterbitkan atau tidak sedang dalam proses penerbitan di jurnal lain, yang dibuktikan dengan pernyataan tertulis yang ditandatangani oleh penulis (bermaterai Rp 6000). Surat pernyataan dapat didownload di Surat Pernyataan Penulis.

5. Jika artikel menggunakan pendekatan survei atau eksperimen, maka seluruh instrumen (kuesioner, kasus, rencana wawancara, dan lainnya) harus dilampirkan.

6. File dokumen artikel dalam bentuk Microsoft Word.

7. Artikel yang dinyatakan diterima oleh reviewer akan dicek bebas plagiasi oleh tim komputer kami dengan batas maksimal 20%.

8. Artikel yang telah direview dan dinyatakan Diterima segera akan dipublikasikan dengan penulis tidak dikenakan biaya.

 

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

A. Format Penulisan

  1. Artikel diketik menggunakan Microsoft Word dengan huruf Times New Roman ukuran 10 dengan jarak baris satu spasi pada kertas A4.
  2. Marjin kertas menyesuaikan dengan template.
  3. Pengaturan halaman adalah 1 (satu) kolom.
  4. Panjang artikel berkisar antara 7-12 halaman, termasuk daftar pustaka.
  5. Semua halaman, termasuk daftar pustaka dan lampiran harus diberi nomor urut.
  6. Sub judul ditulis menggunakan huruf kapital dan dicetak tebal (bold), terletak di bagian tengah (center).
  7. Sub bab ditulis dengan setiap awal kata menggunakan huruf kapital dan dicetak tebal (bold), diletakkan di sisi kiri.

B. Sistematika Penulisan

Judul

Judul dicetak tebal (bold) dan maksimal 12 kata. Awal huruf dari setiap kata menggunakan huruf kapital, yang lain kecil. Jenis huruf Times New Roman ukuran 18, ditulis rata tengah tanpa diakhiri tanda titik.

Nama penulis, asal institusi, email

Nama penulis tidak boleh disingkat (tanpa gelar akademik), asal institusi, dan email ditulis di bawah judul artikel. Asal institusi dan email semua penulis menggunakan font 10. Bila naskah ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama, atau penulis yang namanya tercantum dalam urutan pertama.

Abstrak dan kata kunci

Abstract ditulis dalam bahasa Inggris, berisi tentang inti permasalahan/latar belakang, cara pemecahan masalah, dan hasil yang diperoleh. Kata abstract dicetak tebal (bold). Jumlah kata dalam abstract tidak lebih dari 250 kata dan diketik 1 spasi. Jenis huruf abstract adalah Times New Roman ukuran 10(bold italic), disajikan dengan rata kiri dan rata kanan, disajikan dalam satu paragraph, dan ditulis tanpa menjorok (indent) pada awal kalimat.  Abstract dilengkapi dengan Keywords yang terdiri atas 3-5 kata dan dicetak tebal, pemisah kata menggunakan semicolon.

Pendahuluan

Berisi uraian tentang latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian.

Tinjauan teoritis

Berisi uraian tentang teori-teori dan penelitian terdahulu yang menjadi landasan pengembangan hipotesis (bila ada) dan model penelitian (kerangka berpikir).

Metode Penelitian

Berisi uraian tentang jenis penelitian dan gambaran dari populasi (objek) penelitian, teknik pengambilan sampel, teknik pengumpulan data, variabel dan definisi operasional variabel (satuan kajian untuk penelitian kualitatif), dan teknik analisis data.

Analisis dan pembahasan

Berisi uraian tentang analisis data penelitian dan pembahasan tentang temuan penelitian.

Simpulan dan saran

Berisi tentang simpulan penelitian, saran, dan keterbatasan penelitian.

Daftar Pustaka

C. Tabel dan Gambar

Setiap tabel diberi nomor urut dan judul lengkap diletakkan di atas tabel, sedangkan untuk gambar, nomor urut dan judul diletakkan di bawah gambar, disertai sumber kutipan dengan menggunakan tipe huruf Times New Roman ukuran 8 dicetak tebal (bold). Gambar harus disiapkan dalam bentuk yang dapat dicetak dan berwarna hitam putih. Tabel tidak menggunakan garis kolom. Sedapat mungkin tabel disajikan dalam satu halaman yang sama.

D. Kutipan

Sedapat mungkin kutipan dalam bentuk parafrase.

E. Daftar Pustaka

Rujukan diharapkan 5 tahun terakhir, kecuali rujukan yang memang penting dan tidak dapat dihindari, dengan proporsi pustaka primer minimal 75% dan 25% sumber referensi sekunder. Referensi primer terdiri atas jurnal, proseding/makalah, laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi, sedangkan referensi sekunder seperti buku umum dan sumber internet. Penulis wajib menggunakan alat bantu sitasi, seperti References, Zotero, Endnote, atau Mendeley. Gaya (style) penulisan daftar pustaka adalah APA (American Psychological Association) Sixth Edition.

Unsur penulisan daftar pustaka harus lengkap, meliputi:

JURNAL: Nama penulis, tahun, judul artikel, nama jurnal, volume, nomor, halaman awal, halaman akhir (untuk jurnal), DOI (jika ada)

BUKU: Nama, tahun, judul buku, kota terbit, penerbit

 

METODE REVIEW

Artikel yang dinyatakan lolos dari penilaian awal editor, akan dikirim kepada Mitra bebestari untuk ditelaah kelayakan terbit melalui proses blind review. Reviewer tidak akan mengetahui nama penulis atau sebaliknya. Hasil blind review akan menyatakan:

1. Diterima

2. Dibutuhkan revisi

3. Penyerahan kembali untuk review

4. Ditolak

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.