Pembuatan Prototype Aplikasi Monee dengan Metode Design Thinking Di PT Lentera Bangsa Benderang


Abstract

Abstract— Seiring perkembangan zaman merubah pola pikir serta gaya hidup seseorang.Manusia adalah makhluk ekonomi yang dituntut untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup, salah satunya adalah tujuan untuk mencapai keinginan entah itu barang, kebutuhan pokok, maupun kebutuhan rohani.Terkadang Kegiatan untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan kita kesulitan untuk mencapainya, karena perilaku konsumsi kita yang berlebihan sehingga membuat kita menjadi konsumtif.Menurut hasil Survei Nasional Literasi Keuangan (SLNIK) yang dilakukan oleh OJK pada tahun 2019, Tingkat literasi finansial hanya pada prosentasi 38, 03% , pendapatan yang di tabung hanya sebesar 10,7%.Hal ini dapat kita simpulkan bahwa, masih rendahnya tingkat literasi keuangan pada generasi kita saat ini, penyebab di antara lain ingin terlihat mewah, kurangnya edukasi  tentang management keuangan dan kesadaran diri.Hal ini bisa kita tekan dengan cara memanagement keuangan kita dan  mengalokasikan uang kita ke suatu hal yang bermanfaat, seperti investasi, dll.Investasi adalah aktivitas menempatkan modal baik berupa uang maupun asset yang berharga lainnya ke dalam suatu benda, lembaga, atau suatu pihak dengan harapan kelak akan mendapatkan keuntungan.Di Indonesia terdapat banyak investor yang bermunculan yang mengakibatkan banyak juga entitas investasi ilegal yang bisa menipu masyarakat, Pada tahun 2020 OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sesudah menangani 200 lebih investasi ilegal. MONEE adalah aplikasi Management & Invest secara mudah dan menyenangkan, membantu pengguna dalam mengelola keuangan pribadi secara mudah dan meningkatkan literasi keuangan melalui edukasi berbasis gamifikasi. Aplikasi ini menggunakan platform berbasis Mobile dan Web hanya sebatas Landing page.Dalam perancangan Aplikasi MONEE menggunakan metode Design Thinking yang berpusat pada pengguna.Metode ini memiliki beberapa fase yaitu Emphatize, Define, Ideate, Prototype, test

Downloads

Download data is not yet available.

Aditama, W., Tolle, H., & Rokhmawati, R. I. (2021). Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Investasi Pasar Modal berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking. 5(10), 4286–4295. http://j-ptiik.ub.ac.id

Ahsan, M., Arianto, W., & Murdani, R. T. (2020). User Interface Design And User Experience Kuysedekah.Id Mobile Applications. Smatika Jurnal, 10(02), 109–114. https://doi.org/10.32664/smatika.v10i02.515

Anggraini, R. D., & Frendiana, V. (2022). Rancang Bangun Design Ui / Ux Aplikasi Mobile Saving?! dengan Aplikasi Figma. 1(1), 358–368.

Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730

Hassenzahl, M. (2007). [Towards a UX Manifesto]-The hedonic / pragmatic model of user experience.

Hassenzahl, M. (2008). User experience (UX): Towards an experiential perspective on product quality. ACM International Conference Proceeding Series, June, 11–15. https://doi.org/10.1145/1512714.1512717

Herawan, D., Manajemen, D., & Bakrie, U. (2019). Design Thinking Approaches in Development of. 5(2), 103–114.

Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x

Knight, E., Daymond, J., & Paroutis, S. (2020). Design-Led Strategy: How To Bring Design Thinking Into The Art of Strategic Management. California Management Review, 62(2), 30–52. https://doi.org/10.1177/0008125619897594

Kusumawardhany, S. S., Yunita Kurnia Shanti, Khoirunnisa Azzahra, Baiq Fitri Arianti, & Anggun Putri Romadhina. (2021). Penerapan Literasi Keuangan Dalam Memahami Financial Technology. SULUH: Jurnal Abdimas, 2(2), 151–160. https://doi.org/10.35814/suluh.v2i2.1544

Oulasvirta, A., Dayama, N. R., Shiripour, M., John, M., & Karrenbauer, A. (2020). Combinatorial Optimization of Graphical User Interface Designs. Proceedings of the IEEE, 108(3), 434–464. https://doi.org/10.1109/JPROC.2020.2969687

Wijaya, A., Wijaya, F., Agustria, K., Wijaya, M., Therino, R., Putra, R., & Pribadi, R. (2022). Perancangan UI/UX Pada Aplikasi WE-CARE Menggunakan Metode Design Thinking. Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Dan Rekayasa Universitas Multi Data Palembang, 465–471.

Aditama, W., Tolle, H., & Rokhmawati, R. I. (2021). Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Investasi Pasar Modal berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking. 5(10), 4286–4295. http://j-ptiik.ub.ac.id

Ahsan, M., Arianto, W., & Murdani, R. T. (2020). User Interface Design And User Experience Kuysedekah.Id Mobile Applications. Smatika Jurnal, 10(02), 109–114. https://doi.org/10.32664/smatika.v10i02.515

Anggraini, R. D., & Frendiana, V. (2022). Rancang Bangun Design Ui / Ux Aplikasi Mobile Saving?! dengan Aplikasi Figma. 1(1), 358–368.

Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730

Hassenzahl, M. (2007). [Towards a UX Manifesto]-The hedonic / pragmatic model of user experience.

Hassenzahl, M. (2008). User experience (UX): Towards an experiential perspective on product quality. ACM International Conference Proceeding Series, June, 11–15. https://doi.org/10.1145/1512714.1512717

Herawan, D., Manajemen, D., & Bakrie, U. (2019). Design Thinking Approaches in Development of. 5(2), 103–114.

Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x

Knight, E., Daymond, J., & Paroutis, S. (2020). Design-Led Strategy: How To Bring Design Thinking Into The Art of Strategic Management. California Management Review, 62(2), 30–52. https://doi.org/10.1177/0008125619897594

Kusumawardhany, S. S., Yunita Kurnia Shanti, Khoirunnisa Azzahra, Baiq Fitri Arianti, & Anggun Putri Romadhina. (2021). Penerapan Literasi Keuangan Dalam Memahami Financial Technology. SULUH: Jurnal Abdimas, 2(2), 151–160. https://doi.org/10.35814/suluh.v2i2.1544

Oulasvirta, A., Dayama, N. R., Shiripour, M., John, M., & Karrenbauer, A. (2020). Combinatorial Optimization of Graphical User Interface Designs. Proceedings of the IEEE, 108(3), 434–464. https://doi.org/10.1109/JPROC.2020.2969687

Wijaya, A., Wijaya, F., Agustria, K., Wijaya, M., Therino, R., Putra, R., & Pribadi, R. (2022). Perancangan UI/UX Pada Aplikasi WE-CARE Menggunakan Metode Design Thinking. Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Dan Rekayasa Universitas Multi Data Palembang, 465–471.

Title Pembuatan Prototype Aplikasi Monee dengan Metode Design Thinking Di PT Lentera Bangsa Benderang
Issue: Vol. 7 No. 2 (2022): JURNAL PILAR TEKNOLOGI
Section Articles
Published: Nov 30, 2022
DOI: https://doi.org/10.33319/piltek.v7i2.143
Keywords: UI/UX, Design Thinking, Fintech, MONEE
Author
  • Muhamad Iqbal
  • Ridho Pamungkas