Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Biologi Tentang Mata Menggunakan Teknologi Augmented Reality


Abstract

Salah satu inovasi game technology yang akan digunakan dalam membangun media pembelajaran biologi tentang mata sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar siswa adalah Augmented Reality(AR), yaitu penggabungan dunia nyata dengan dunia maya, dimana objek virtual overlayed pada dunia nyata. Dari segi teknis, teknologi Augmented Reality merupakan teknologi transformatif, demana sistem intraksi melikupi keseluruhan lingkungan di luar tampilan layar. Dari segi strategis, pemanfaatan media pembelajaran berbasis Augmented Reality sangat berpengaruh dalam peningkatan minat belajra siswa untuk mengetahui dan memahami tentang mata melalui visual 3D. Dalam aplikasi ini terdapat objek mata 3 dimensi yang dibuat dengan menggunakan aplikasi Blender, dengan Unity sebagai game engine dan Vuforia sebagai library. Cara menggunakanya dengan mengarahkan kamera pada marker yang telah tersedia. Kemudian akan muncul gambar 3 dimensi pada layar smartphone beserta penjelasannya. Media pembelajaran biologi tentang mata dengan menggunakan Augmented Reality lebih mudah dipahami dari pada menggunakan gambar 2 dimensi. Karena siswa dapat melihat bentuk bola mata secara nyata dalam bentuk 3 dimensi.

Downloads

Download data is not yet available.

Dewi, E., Setyowati, D., & Harmastuti. (2021). Penerapan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Pada Aplikasi Pengenalan Jurusan Resiskom Berbasis Android. doi:https://doi.org/10.34151/jurtek.v14i2.3686

Fauzi, A., & Wulandari, D. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Obat Berbasis Website dengan Menggunakan Metode Waterfal. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering, 6, 71-82.

Mantasia, & Jaya, H. (2016). Pengembangan Teknologi Augmented Reality Sebagai Penguatan Dan Penunjang Metode Pembelajaran Di SMK Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Vokasi, 281-291. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv

Riskiono, S. D., Susanto, T., & Kristianto. (2020). Rancangan Media Pembelajaran Hewan Purbakala Menggunakan Augmented Reality. Journal of Computer Engineering System and Science, 5, 199-203.

Title Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Biologi Tentang Mata Menggunakan Teknologi Augmented Reality
Issue: Vol. 7 No. 1 (2022): JURNAL PILAR TEKNOLOGI
Section Articles
Published: Jun 7, 2022
DOI: https://doi.org/10.33319/piltek.v7i1.111
Keywords: Augmented Reality, Mata, Media Pembelajaran
Author
  • Sidhiq Andriyanto
  • Ahmat Josi